9.3.15

6 Makanan Terlarang Bagi Penderita Hipertensi


kutips-kesehatan.blogspot.com

Kutips Kesehatan - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang umum diderita. Penyakit ini bisa dikatakan sebagai penyakit yang berbahaya karena dapat memicu berbagai penyakit kronis, salah satunya penyakit jantung. 

Selain mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, banyak makanan yang harus dihindari oleh para penderita hipertensi. Makanan-makanan tersebut biasanya mampu mempengaruhi dan meningkatkan tekanan darah.

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari bagi pengidap penyakit hipertensi seperti dikutip dari Boldsky, sebagai berikut :

1. Gula

Gula yang tidak hanya meningkatkan risiko diabetes dan obesitas, namun juga meningkatkan tekanan darah Anda. Selain itu, hipertensi umumnya diderita oleh mereka yang memiliki berat badan berlebih.

2. Kopi

Hindari atau batasi asupan kopi Anda. Kafein yang terkandung di dalamnya mampu mengakibatkan lonjakan tekanan darah.

3. Garam

Garam adalah musuh terbesar bagi orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Menurut Dietary Guidelines for Americans, penderita hipertensi dan prehipertensi harus membatasi asupan sodium mereka. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung sodium yang tinggi.


4. Acar

Untuk membuat acar, orang biasanya menggunakan garam terutama untuk acar kalengan yang tahan lama. Makanan kaleng selain acar pun mengandung sodium yang tinggi untuk membuatnya tahan lama. Oleh karena itu, sebaiknya penderita hipertensi menghindari makanan ini.


5. Alkohol

Menurut berbagai penelitian, mengkonsumsi alkohol lebih dari tiga gelas dalam sehari mampu meningkatkan tekanan darah sementara. Tak hanya itu, alkohol juga dapat mempengaruhi obat-obatan untuk hipertensi yang Anda minum.

6. Lemak

Hindari mengkonsumsi daging berlemak, kulit ayam dan makanan yang mengandung lemak seperti mentega. Hal ini karena lemak jenuh mampu mempengaruhi tekanan darah dalam tubuh.

Artikel Terkait

6 Makanan Terlarang Bagi Penderita Hipertensi
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email