5.5.15

Ingin Kulit Anda Mulus dan Sehat, Konsumsi Alpukat dan Tomat


http://kutips-kesehatan.blogspot.com






















Kutips Kesehatan - Kulit kasar dan juga kering dapat mengurangi rasa percaya diri. Kesehatan kulit tergantung dari makanan sehat yang ​di​konsumsi. Konsumsi buah-buahan serta makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu kulit tetap sehat, elastis dan ​mulus​.

Selain menggunakan produk kecantikan, ​perawatan wajah juga perlu diimbangi​ dengan konsumsi makanan sehat. ​Kandungan​​​​​​ antioksidan dan ​vitamin ​dalam​ dapat membantu kulit ​mulus, kencang dan bebas kerutan.

​Pilihlah beberapa jenis makanan yang kaya nutrisi untuk pemeliharaan kulit. Seperti dikutip dari food.detik.com berikut beberapa makanan ini yang perlu Anda konsumsi dengan rutin.​


1. Alpukat

Anda dapat mengonsumsi makanan super ini ataupun  dapat menjadikan alpukat sebagai masker wajah. Alpukat mengandung pelembab alami dan kaya akan antioksidan serta vitamin E yang dapat mencegah kulit dari kekeringan.

2. Blueberries

"Penyebab utama keriput adalah karena kerusakan matahari," tutur Dr. Chynna Steele,M.D, selaku dokter kulit dari Harvard. Menurutnya, setiap makanan dapat membantu tubuh memerangi efek dari radiasi sinar UV yang akan menimbulkan kerut dan penuaan dini. Dr. Steele merekomendasikan untuk mengonsumsi blueberry karena mengandung antioksidan sehingga dapat membantu cegah timbulnya penuaan pada kulit.

3. Tomat

Tomat kaya akan kandungan lycopene yang dapat melindungi kulit da​ri paparan​ sinar matahari​ untuk ​mencegah kerutan. Lycopene dapat menangkal radikal bebas yang berasal dari polusi hingga sinar UV. Tingkatkan k​andungan ​lycopene dengan mengolah tomat menjadi sup, saus tomat hingga pasta tomat.

4. Kacang Almond

Konsumsi segenggam almond dapat melindungi kulit dari penuaan. Kacang almond mengandung flavonoid yang biasa disebut dengan quercetin, yang dapat menjaga kolagen tetap optimal dalam kulit. Almond juga kaya akan kandungan vitamin E yang dapat mengurangi kerusakan sinar UV.


5. Delima

Rasanya asam segar dan manis​. Buah delima ini juga kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. ​Jadikan campuran salad, smoothies, jus atau puding. ​

6. Teh hijau

Teh hijau mengandung proanthocyanidins oligomer (OPC),senyawa ini merupakan antioksidan yang terbukti dapat sembuhkan kerusakan kulit serta melawan radikal bebas. Sebaiknya hindari minuman berkafein, minuman manis dan juga alkohol agar kulit tetap sehat.

7. Makanan rendah sodium

Mengonsumsi makanan yang diproses dengan garam ternyata juga dapat timbulkan kerutan pada wajah. Agar kulit tetap sehat dan bebas kerutan, cobalah memulai konsumsi lebih banyak sayur dan buah serta hindari makanan yang diproses dalam kemasan.

8. Salmon

Salmon tinggi akan asam lemak omega 3 yang dapat membantu memperkuat sel-sel kulit mati. Konsumsi salmon 2 kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang sehat.

9. Flaxseed

Flaxseed dan minyak biji flaxseed kaya akan asam lemak omega 3. Kandungan lemak baik dalam bahan makanan ini dapat membantu kulit tetap elastis dan kenyal.

Artikel Terkait

Ingin Kulit Anda Mulus dan Sehat, Konsumsi Alpukat dan Tomat
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email