8.9.15

Tips Cara Mengolah Sayuran Agar Nutrisinya Tetap Awet


Kutips Kesehatan - Sayuran mengandung serat, vitamin dan juga mineral yang sangat baik untuk kesehatan​. Akan tetapi saat kita melakukan proses pemasakan, seringkali nutrisi yang ada di dalamnya hilang. Untuk itu, diperlukan kecermatan dalam mengolah aneka sajian sayuran untuk mendapatkan nilai gizi optimal.

Perendaman sayuran dalam waktu lama dapat membuat vitamin yang ada dalam sayuran larut oleh air. Selain itu proses persiapan hingga cara pemasakan juga menentukan kandungan nutrisi dalam sayuran. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebelum mengolah sayuran yang dikutip pada laman food.detik.com


1. Cuci sayuran

Sebelum memasak sayuran, sebaiknya jangan mengupas sayuran terlebih dahulu. Selain itu jangan merendam sayuran di dalam air karena dapat memungkinkan vitamin dan juga mineral yang terkandung di dalamnya akan hilang. Cara terbaik adalah dengan mencuci sayuran pada​ air mengalir secara cepat.
Pada saat memotong, sebaiknya jangan memotong sayuran terlalu kecil. Hal ini dapat memudahkan sayuran menyerap udara yang justru akan membuat kandungan vitamin dan  mineral cepat ​hilang.


2. Proses pemasakan

Ada beberapa proses pemasakan yang sering kita lakukan di rumah. Cara terbaik untuk menjaga agar nutrisi adalah dengan cara memanggang, mengukus dan juga menumis. Proses pemasakan dengan cara direbus dapat membuat sayuran hijau kehilangan nutrisinya. Jika terpaksa ingin mendidihkan sayuran sebaiknya beri air sedikit dan masak setelah air mulai mendid​ih dan masak dalam waktu singkat.


3. Hindari penguapan

Saat membuat sup, sebaiknya panci ditutup. Karena beberapa vitamin dapat larut di dalam air sehingga saat sup mendidih agar zat gizi tidak banyak yang hilang.


4. Kurangi proses pemasakan berlebih

Nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan dapat hilang kandungan gizinya saat dimasak dalam suhu yang tinggi. Sesekali Anda dapat mengolah salad buah atau sayuran yang segar dengan tambahan minyak zaitun dan juga yogurt. Untuk membuat salad sebaiknya pilihlah sayuran yang memiliki rasa segar seperti lettuce, tomat dan​ wortel.

Artikel Terkait

Tips Cara Mengolah Sayuran Agar Nutrisinya Tetap Awet
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email