9.2.15

Tips Mencegah Cacingan pada Tubuh Anda



Kutips Kesehatan - Penyakit ini disebabkan kurangnya menjaga kebersihan tangan dan tubuh anda, sehingga dengan mudah kotoran masuk ke dalam tubuh dan mudahnya cacing masuk dan berkembang biak didalam tubuh.

Cacingan adalah gangguan kesehatan yang disebabkan cacing parasit yang hidup di dalam tubuh. Makhluk yang dapat berkembang biak dengan sangat cepat ini bertahan hidup dengan memakan makanan yang Anda konsumsi atau dengan menghisap darah Anda, sehingga Anda akan mengalami kekurangan gizi, anemia, dan kebutaan.

Cacing dapat mematikan jika tidak ditangani dengan baik. Cacingan juga dapat menyerang siapa saja, mulai anak-anak hingga dewasa.

Ada banyak jenis cacing yang dapat menyebabkan anda cacingan diantaranya cacing kremi, cacing pita, cacing gelang, dan cacing tambang.

Cacing yang paling sering menyerang anak-anak adalah cacing kremi. Karena kurangnya informasi dan tips kesehatan mengenai cacing serta penyebarannya menyebabkan pencegahan sulit dilakukan.

Berikut adalah beberapa tips kesehatan untuk melindungi tubuh Anda dari cacingan. 

1. Cuci tangan pakai sabun 

Tangan yang terinfestasi telur cacing dapat menyebabkan telur masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Maka dari itu, cuci tangan pakai sabun setiap akan menyiapkan makanan dan ketika akan makan untuk membersihkan telur cacing yang menempel pada tangan.


2. Rendam sayuran dengan air garam

Cacing dan telurnya juga dapat menempel pada sayuran yang tumbuh di tanah yang terinfestasi. Merendam sayuran dengan air garam sebelum memasaknya adalah solusi terbaik untuk menghilangkan cacing.

3. Jaga kebersihan tubuh

Telur cacing berada di mana saja, termasuk tanah. Saat anak-anak bermain di tanah, telur cacing dapat menempel pada kaki, tangan, dan kukunya. Maka dari itu, mandi minimal 2 kali sehari, terutama setelah beraktivitas di luar rumah sangat penting dilakukan. Mandilah pakai sabun antisepik yang dapat melindungi tubuh dari kuman, jamur dan cacing.

4. Rawat kuku

Kuku yang dibiarkan panjang tanpa dijaga kebersihannya akan meningkatkan penyebaran telur cacing. Telur masuk ke bawah kuku dan menginfeksi tubuh saat Anda makan, terutama jika tangan tidak dicuci dengan benar. Maka dari itu, potonglah kuku secara teratur agar tidak menjadi tempat bersarang telur-telur cacing.

5. Minum obat cacing setiap 6 bulan sekali

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan tahun 2006, masyarakat telah diimbau untuk ikut berperan dalam pengendalian cacingan dengan mengonsumsi obat cacing. Maka dari itu, Anda dan keluarga dianjurkan untuk mengonsumsinya setiap 6 bulan untuk mencegah keluarga Anda dari gangguan kesehatan ini.

Cacingan mungkin terdengar sepele di telinga Anda. Akan tetapi, jika dibiarkan, gangguan kesehatan ini dapat membahayakan Anda dan keluarga. Lakukan tips kesehatan di atas untuk melindungi keluarga dari cacing parasit yang membahayakan tubuh.


6. Jaga kebersihan lingkungan dan sanitasi

Kebersihan dan sanitasi juga meupakan salah satu faktor dalam penyebaran cacing dan telurnya. Gunakanlah jamban untuk buang air besar dan cuci tangan pakai sabun setiap setelah buang air.

Artikel Terkait

Tips Mencegah Cacingan pada Tubuh Anda
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email