23.2.15

Tips Perawatan Wajah Yang Berjerawat agar Tidak Berbekas


kutips-kesehatan.blogspot.com

Kutips Kesehatan - Jerawat pada wajah bisa membekas atau membentuk sebuah lapisan kulit yang hitam dikarenakan adanya pemecahan jerawat secara paksa.

Pada biasanya seseorang yang sedang mengalami jerawat tidak diam untuk membiarkannya berada pada wajah sehingga mereka memencetnya. Dengan cara hal yang demikian justru akan menyebabkan bekas jerawat akan terlihat. Bahkan cairan putih atau nanah yang merupakan isi dari jerawat yang terkena kulit lain bisa juga menimbulkan terjadinya jerawat baru.

Hal demikian disebabkan karena pada saat tumbuhnya jerawat anda memencetnya dengan menggunakan tangan, sehingga tanpa disadari bakteri dan kuman masuk ke pori-pori dan muncul jerawat baru.

Bekas jerawat yang membandel memang dapat merusak penampilan. Apalagi bila bekas jerawat tersebut meninggalkan scar atau bopeng di wajah.

Tapi jangan khawatir, ahli Kecantikan Nikos Narkissos mengatakan bahwa ada beberapa cara untuk mengobati bekas jerawat. Tapi yang penting Anda ketahui sebelumnya, adalah mencegahnya terjadi. Kemudian bagaimana cara mencegahnya?

Nikos Narkissos memberikan tips perawatan wajah berjerawat agar terhindar dari bekas kehitaman atau bopeng, seperti dilansir dari Idiva, berikut ini:

1. Memilih produk yang tepat

Untuk menghindari bekas jerawat, pastikan bahwa Anda memilih produk perawatan kulit yang tepat. Ahli kecantikan, Farheen Shaikh mengatakan bahwa kandungan AHA seperti Glycolic Acid pada krim wajah sangat baik untuk mengurangi munculnya bekas jerawat. Begitu pula dengan kandungan Asam Kojic dan vitamin C juga diyakini dapat mengurangi jaringan parut.

2. Tidak menggunakan pembersih wajah berjenis scrub

Butiran kasar (scrub) yang digunakan saat membersihkan wajah memang bisa menyingkirkan komedo, tapi bagi kulit sensitif, scrub dapat mengiritasi jerawat dan membuat jaringan parut.

3. Jangan lupa menggunakan sunblock

Mengekspos bekas jerawat di bawah teriknya sinar matahari akan membuat bekas jerawat menjadi kehitaman. Ini karena sinar matahari dapat merangsang pigmen yang membuat bekas luka lebih terlihat.

4. Berkonsultasi dengan dokter

Bila kondisi jerawat kian parah, disarankan untuk segera menemui dokter. Karena menyembuhkan bekas jerawat seperti bopeng di wajah tidak bisa diatasi dengan penggunaan krim wajah.

Artikel Terkait

Tips Perawatan Wajah Yang Berjerawat agar Tidak Berbekas
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email