26.5.15

4 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Tubuh


http://kutips-kesehatan.blogspot.com

Kutips Kesehatan - Seperti yang kita tahu, daun pandan biasanya digunakan sebagai aroma makanan ataupun pewarna makanan alami. Karena warna hijau yang khas dan aroma yang cukup harum, tidak heran jika daun pandan sangat dibutuhkan di dalam bidang kuliner. Tapi tahukah Anda, selain bermanfaat di bidang kuliner, daun pandan juga memiliki segudang manfaat luar biasa untuk kecantikan dan kesehatan.

Sudah sejak lama, daun pandan banyak digunakan masyarakat tradisional sebagai obat. Daun pandan juga dipercaya bisa mengatasi dan menyembuhkan beberapa penyakit di dalam tubuh seseorang. Seperti yang dilansir dari vemale.com, inilah manfaat mengagumkan daun pandan untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

salah satu penyakit paling sering menyerang seseorang adalah darah tinggi. Karena pola makan yang tidak sehat dan juga mengalami stress berat, hal ini memicu darah tinggi lebih mudah pada diri seseorang. Untuk mengatasinya, gunakan daun pandan sebagai minuman. Rebus daun pandan dengan dua gelas air dan tunggulah air rebusan tinggal setengahnya. Minum air ini setiap pagi dan sore hari hingga tekanan darah kembali normal.

2. Mengatasi Rematik

Penyakit rematik merupakan penyakit yang menyerang tulang tubuh. Biasanya, rematik sendiri banyak diderita oleh seseorang yang sudah berusia cukup tua. Nah, agar terbebas dari rematik, pastikan untuk memanfaatkan daun pandan. Kandungan nutrisi pada buah pandan bisa sangat membantu menyembuhkan rematik.

3. Menjaga Kesehatan Rambut

Jika Anda ingin rambut sehat, hitam, lembut dan berkilau serta jauh dari masalah ketombe, pastikan untuk memanfaatkan daun pandan. Beberapa study menyebutkan bahwa kandungan nutrisi pada daun pandan sangat baik dalam menjaga kesehatan maupun kecantikan rambut. So, cobalah untuk membuat masker rambut alami dari daun pandan.

4. Mengatasi Stress

Aroma daun pandan yang cukup harum dipercaya bisa membuat pikiran lebih tenang. Selain aromanya, nutrisi yang terkandung dalam daun pandan dikatakan sangat baik untuk mengatasi stress dan perasaan gelisah. Minum rebusan daun pandan 2 kali dalam sehari ketika Anda merasa gelisah ataupun stress. Minum secara teratur bisa bantu pikiran lebih tenang dan jauh dari stress.

Itulah beberapa manfaat dari daun pandan. Setelah manfaat di atas, daun pandan juga dipercaya bisa mengobati lemah saraf, menambah nafsu makan, mengobati pegal linu serta mengatasi lemah syahwat. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda mengenai manfaat daun pandan.

Artikel Terkait

4 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Tubuh
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email