29.1.15

6 Barang di Rumah Yang Tanpa disadari Paling Banyak Kuman


http://kesehatanpadaanda.blogspot.com/2015/01/6-barang-di-rumah-yang-tanpa-disadari.html

Kutips Kesehatan -Terlalu banyak orang  yang berpikir bahwa di luar rumah adalah biangnya kuman. Padahal tanpa mereka sadari di rumah sendiri ada banyak tempat berkembang biak bagi kuman dan mikroba lainnya yang bisa membuat mereka dan keluarga sakit.

Tapi dari sekian banyak penyebaran kuman, seperti ditulis Healthmeup,  ada 6 barang yang wajib dibersihkan karena rentan penyebaran kuman. Berikut adalah enam barang tersebut:

1. Remote

Tidak pernah menyangka kalau remote juga penuh dengan kuman? Remote menurut para peneliti digunakan banyak tangan dan di sudut-sudut remote pun sangat rentan kuman. Belum lagi jika remote jatuh dan tidak pernah dibersihkan. Untuk menghindari hal ini, bersihkan remote televisi, DVD dan sebagainya secara teratur dengan tisu beralkohol.

2. Lap tangan di dapur

Lap tangan di dapur dinilai memiliki  strain berbahaya E. coli dan bakteri lainnya. Ketika Anda terus menggunakannya, kuman akan terus bertambah. Untuk menghindari hal ini cucilah lap atau serbet tiap kali digunakan atau buang lap setelah digunakan. 

3. Gagang sikat gigi

Setelah menyikat gigi, seringkali kita lupa untuk membersihkan gagangnya. Padahal menurut ahli mikrobiologi, ketika sikat gigi ditempatkan dekat wastafel atau toilet, tak hanya sikatnya saja yang rentan kuman tapi juga gagangnya. Untuk menghindari penyebaran kuman, bersihkan gagang sikat gigi juga setelah menyikat gigi.

4. Seprai

Sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2012 menyatakan bahwa kebanyakan orang mengganti seprai sebulan sekali. Artinya, selama satu bulan seprai Anda penuh dengan keringat, air liur dan debu.  Ditambah lagi bila Anda memiliki hewan peliharaan yang suka datang ke tempat tidur. Untuk menghindari kuman di tempat tidur Anda, cucilah seprai seminggu sekali.

5. Keran air

Logam keran air di dapur adalah tempat favorit bagi kuman. Selain itu, jika Anda secara tidak sengaja menyentuhnya dengan jari kotor atau makanan, bakteri dan kuman akan banyak tumbuh di atasnya. Apalagi ketika Anda menghidupkan keran untuk mencuci piring, air akan turun bersama kuman dan masuk ke piring. Untuk menghindari penyebaran kuman bersihkan keran menggunakan desinfektan seminggu sekali.

6. Uang

Uang termasuk salah satu benda paling kotor yang sering dipegang manusia. Uang yang kita pegang tentu berasal dari banyak tangan-tangan orang lain tak diketahui kebersihannya.Sekitar 135 ribu bakteri menumpuk dalam satu lembar pada uang, terutama uang kertas.

Sayangnya sebagian orang tidak peduli akan hal itu, mereka dengan tenangnya makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu sehingga banyak masyarakat yg terserang penyakit.

Artikel Terkait

6 Barang di Rumah Yang Tanpa disadari Paling Banyak Kuman
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email