23.2.15

6 Tanda Sikecil Sudah Kecanduan Gadget



Kutips Kesehatan - Pada anak-anak zaman sekarang banyak yang sudah kenal dengan gadget. Permainan yang ada di gadget membuatnya bisa bertahan lama ketika memegangnya. Sejumlah orangtua bahkan ada yang sengaja memberikan iPad untuk sang anak. Namun, waspada jika anak Anda sudah terlalu kecanduan gadget.

Bila anak memiliki iPad dan menghabiskan waktu terlalu lama dengan dengan gadget, itu tandanya ia sudah kecanduan. Situs Magforwomen, menguraikan beberapa tanda anak kecanduan iPad :

1. Percakapan satu kata

Ketika orangtua mencoba berbicara atau memberitahu sesuatu kepada anaknya, jawaban yang muncul hanya satu kata yakni `ya` atau `tidak`, buruknya lagi jika anak menjawab dengan geraman.

Jika kondisinya seperti ini, Anda harus khawatir. Saat ini, orangtua melihat anaknya hanya menatap layar iPad dan tak memandang ke wajah Anda ketika berbicara bersama Anda.

2. iPad dibawa terus

iPad akan pergi kemanapun dia pergi dan itu.

3. iPad di meja makan

Tanda lain bahwa anak kecanduan iPad adalah ketika Anda melihat ada iPad di meja makan. Anda akan takjub melihat betapa cekatannya dia saat makan tetap bermain iPad di saat yang sama. Ini jelas bukan pertanda yang baik.

4. Duduk di sofa hanya dengan iPad

Tak ada yang bisa orangtua lakukan untuk bisa membuatnya bermain keluar atau melakukan hal yang Anda minta. Bahkan ancaman tak berpengaruh ketika anak sudah kecanduan iPad.

Anak-anak bisa menghabiskan waktu berjam-jam bersamanya dan mengeluh ketika orangtua memberitahukan  bahwa mereka sudah terlalu lama bermain iPad.

5. Curang

Setelah lampu mati, Anda akan melihat cahaya bersinar di bawah selimut. Anak Anda mencoba bermain iPad tanpa Anda melihatnya atau mencoba menyembunyikan Anda.

Ketika anak Anda mencoba menyembunyikan penggunaan iPad, itu menandakan ia menghabiskan terlalu banyak waktu bersamanya.

6. Bawa iPad ke kamar mandi

Anda tahu bahwa anak Anda jadi kecanduan ketika melihat ia membawa iPad ke kamar mandi. Anak Anda tak ingin meletakkannya meski untuk urusan pribadi. Ini sudah menjadi tanda orangtua harus bertindak serius agar menyingkirkan iPad darinya.

Artikel Terkait

6 Tanda Sikecil Sudah Kecanduan Gadget
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email