14.6.15

5 Alasan Berenang Pilihan untuk Turunkan Berat Badan


http://kutips-kesehatan.blogspot.com

Kutips Kesehatan – Berenang adalah salah satu cabang olahraga yang pastinya banyak orang minati. Namun siapa sangka dengan berenang kita bisa juga untuk menurunkan berat badan, selain memiliki pola makan yang sehat tentu diharuskan untuk melatih tubuh secara fisik. Salah satunya adalah dengan rajin berolahraga. Agar lebih segar dan menyenangkan, berenang juga bisa menjadi pilihan utama.

Inilah beberapa alasan mengapa berenang  untuk kesehatan yang bisa menjadi pilihan utama untuk menurunkan berat badan atau diet, seperti telah dirangkum detikHealth dari berbagai sumber.

1. Membakar kalori

Tahukah Anda bahwa berenang jika dilakukan dengan benar dan tepat sebenarnya dapat membakar kalori cukup tinggi. Bahkan jika dibandingkan dengan kalori yang dibakar saat berjalan atau berlari, angkanya sedikit lebih tinggi.

Rata-rata Anda akan membakar sekitar 400-500 kalori saat mengahabiskan waktu sekitar 60 menit berenang dengan intensitas sedang.

2. Melatih otot

Tak cuma membantu membakar kalori, aktivitas berenang juga membantu melatih dan membentuk otot bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan sekaligus membentuk tubuh.

Pergerakan yang dilakukan saat berenang diyakini dapat membantu melatih otot dan membentuk kekuatan otot. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat ini, maka intensitas berenang yang dilakukan bisa ditingkatkan menjadi intensitas tinggi.

3. Membentuk tubuh lebih ideal

Kolam diragukan lagi latihan seluruh tubuh Anda. Saat berenang, Anda menggerakkan beberapa bagian tubuh yang penting dan dapat dibentuk seperti lengan, bahu, punggung, perut dan kaki. Oleh sebab itu, jika dilakukan dengan tepat maka berenang dapat melatih Anda membentuk tubuh secara efektif.

4. Meningkatkan metabolisme

Setiap aktivitas yang membakar kalori dan meningkatkan denyut jantung juga akan meningkatkan metabolisme Anda. Termasuk berenang. Aktivitas fisik yang satu ini diketahui membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang pada akhirnya kemudian akan membantu menurunkan berat badan lebih efektif.

5. Memotivasi untuk berusaha lebih keras

Tahukah Anda bahwa pakaian renang tanpa disadari turut memotivasi Anda untuk berlatih lebih baik? Dengan melihat bentuk tubuh Anda sendiri, maka Anda akan termotivasi untuk berlatih lebih keras agar bisa terlihat lebih baik dalam pakaian tersebut.

Artikel Terkait

5 Alasan Berenang Pilihan untuk Turunkan Berat Badan
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email